Inilah yang saya alami…

Foto Pangkalima Burung, hanya foto rekayasa

Posted on: 4 April 2009

Foto ini hasil rekayasa

Foto ini hasil rekayasa

Foto ini hanyalah hasil rekayasa digital, bukan benar-benar wajah Pangkalima Burung.

Memang keberadaan dan wajah Pangkalima Burung tidak diketahui, beliau sangat misterius. Pangkalima Burung diceritakan jarang menampakkan dirinya, karena sifatnya yang tidak suka pamer kekuatan. Hal inilah yang mengakibatkan rasa penasaran terhadap sosok Pangkalima Burung. Selain sakti dan kebal, Pangkalima Burung juga adalah sosok yang kalem, tenang, penyabar, dan tidak suka membuat keonaran. Ini sesuai dengan tipikal orang Dayak yang juga ramah dan penyabar, bahkan kadang pemalu. Cukup sulit untuk membujuk orang Dayak pedalaman agar mau difoto, kadang harus menyuguhkan imbalan berupa rokok kretek.

Untuk foto ini, yang disebut-sebut foto Pangkalima burung, saya yakin itu bohong. Informasi tulisan pada foto memberitahukan bahwa itu adalah foto seorang kepala suku pedalaman Kalimantan Selatan. Sedangkan huruf besarnya menuliskan Pangkalima Burung.

Maaf saja, foto ini saya nyatakan bohong. Karena Suku Dayak di Kalimantan Selatan, tidak bertelinga panjang. Dan jumlah suku Dayak di Kalimantan Selatan sangat minoritas karena sebagian besar Orang Kalimantan Selatan adalah keturunan orang melayu, yang ada disana mayoritas Sukunya adalah suku Banjar. Telinga panjang berlubang seperti ini adalah ciri khas Suku Dayak pada Kalimantan Timur, sedangkan Pangkalima Burung itu berasal dari Kalimantan Barat dan beliau, walaupun saya belum pernah melihatnya, tidak akan pernah mau difoto seperti ini.

Foto ini mungkin memang foto orang Dayak (Kalimantan Timur), tapi direkayasa dengan cara diambil dan disalin potongan sebelahnya lalu salinannya dirotasikan secara flip horizontal, selanjutnya dipasangkan bersebelahan. Bahkan foto orang ini kepalanya sebenarnya sedang menghadap ke arah samping secara diagonal, itu sebabnya arah telinganya seperti mendongak ke depan. Jelas-jelas gambar ini latar belakangnya sama sebelah kiri dan kanannya. Jadi jangan percaya dengan gambar ini, bohong-bohongan karena ini hasil rekayasa.

63 Tanggapan to "Foto Pangkalima Burung, hanya foto rekayasa"

Jelas sekali bahwa itu bukan Pangkalima Burung. In case, keberadaan Pangkalima Burung sebagai ‘sosok yang nyata’ atau sekadar ‘simbol’ pun masih diperdebatkan.

Terima kasih sudah menulisnya. :)

Diliat sekilas pun udah keliatan jelas kalo ini foto editan.

foto ini memang editan soalx sampai sekarang keberadaan panglima burung masih misterius hanya beberapa orang yang pernah melihatx, mustahil apalagi klo difoto

pak,klau bs kpn2 klau liat wajahnya beliau tlong kshkanya.oce

menurut sya ciiiieee
fotonya emg Rekaysa…
peace…

emank benar itu hanya editan semata dan rekayasa saja ,bila mau mereka datang harus tau asal usul mereka dulu n tau nama panglima tersebut baru bisa melihat

mf namaku tidak menggambar nama org2 Dayak, tapi aku asli orang Dayak kenya..oh ya masalah foto itu aku sangat mennyangkan kenapa fotonya diedit seprti itu. itu sangat menghina wajah beliau dan disebar secara bebas di internet.

Saya juga memang tidak yakin kalau ini sosok asli panglima burung.
Karna walaupun saya bukan suku asli dayak, saya juga bisa berpikir logic bahwa foto itu hanyalah rekayasa.
Walaupun panglima burung menampakkan dirinya, itu pasti hanya pada petua2 suku dayak. Dan pastinya petua tersebut tidak membawa kamera atau sejenisnya.

Ini bukan Panglima Burung. Panglima Burung adalah gelar yang diberikan kepada seorang Panglima di tanah Meliau, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Yang saya tahu, hari-hari panglima ini seperti orang biasa (cuma tidak menikah) dan sosok panglimanya akan hadir jika terjadi kekacauan di tanah Dayak. Begitu juga dengan Panglima Naga. Panglima Naga adalah warga Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat. Panglima Naga sudah berpulang, namun beliau memiliki keponakan dan keluarga. Salah satu Keponakan Panglima Naga adalah anggota Dewan Kabupaten Sekadau 2004-2009. Jadi Panglima Burung, Panglima Naga adalah sosok yang benar-benar ada

saya orang jawa…. tapi sada lama ting gal di balikpapan.7th da saya perna kunjung ke pedalaman saya dapat cerita emang ada sih panglimaburung tapi ujutnya dak ada dan dia bisa berubah ubah bentuk…. dan cerita itu yang membuat saya merinding…

panglima burung ……………………

sya kecewa siapa yng mengambarkan panglima burung seperti itu, itu menghina kami dayak, nama panglima burung hanyalah gelar, beliau nyata bisa menjadi siapa saja berubah wujud, beliau menampakan dirinya pada waktu kekacauan dgn habis kesabaran yang melukai orang2 dayak, panglima burung adalah panglima orang dayak jgn merekayasa potonya sembarangan….Thks….salam dayak…

betul tu om yunuus penghinaan tu bagi dayak……

waduh,fotox ko gt si,terlalu menghina pangkalima burung,masa mulutx kyk gambar vagina,saya setuju dgn yunus dayak,nama itu hanya gelar,susah menggambarkan wwujud aslix,tar klo kena parang maya bru tw rasa loch…

maaf sebelumnya di indonesia banyak suku”tp kenapa suku kami saja yang di pampangkan MESKIPUNITU BKN FOTO ASLI
jadi law mau nyebarkan berita pikir panjang dulu
begi tu juga yang koment mulut mu harimau mu ok
“MAJANG”

mank knp sich kbradaan pangkalima burung hrus d’smbunyikan keberadaannyaa,,??
law mank gk mo d’koment asal, tnjukkan’lah jati diri asli dari PANGLIMA BURUNG……

”maaf yach sblum’yaa,???
cma ingin kjelasan ajj.
gk ad mksud laen ko’…

pangkalima burung hanya gelar, dia juga manusia biasa yg mempunyai kesaktian….

Setuju bahwa foto tersebut adalah foto rekayasa dan montase. Coba perhatikan dan lihat dengan teliti, gambar kanan kiri sama persis.

Saya org Dayak, dan Panglima Burung adalah Paman saya, beliau manusia biasa hanya punya kekuatan dan kharisma, baru meninggal dunis tahun lalu. Kami dari Meliau kalbar.

terima kasih. tapi menurut saya sepertinya beliau itu nyata, seperti yg dikabarkan

iya. memang sudah ada milis yang mengabarkan dan menampilkan foto asli sebelum editan. trims

iya betul, memang konon sosoknya pemalu dan sederhana. untuk bertemu pun sulit apalagi untuk difoto

bukan Pak, tp bu. :) Insya Allah tp nggak janji :D

betul sekali. thx

setuju.

iya benar kenapa harus menyebut2 ini foto panglima burung, aku pikir ini hanya sebuah cara mencari sensasi untuk popularitas atau bisa jadi hanya untuk bercanda. memang orang2 seringkali untuk bercanda menggambarkan sesuatu yang bahkan tidak pada tempatnya. trims

setuju.. terima kasih pendapatnya.. memang mereka sebagai figur yang sangat dihormati dan tidak suka diekspose. sehingga untuk berfoto pun sepertinya menghindari popularitas yang berlebihan

terima kasih sodara Yunus, saya setuju kita sebagai sesama orang Dayak kecewa dg gambaran ini kenapa harus direkayasa foto panglima burung padahal setahu kita beliau sosok yang normal seperti kita kebanyakan, meskipun sangat misterius keberadaannya.

apa benar yang anda sampaikan itu, anda adalah keponakan panglima burung? bila benar demikian beliau sudah meninggal dengan rasa hormat kami sedalam2nya.. dan turut berduka cita

Mnurut saya,,panglima burung itu bkan brwjud mnusia…Panglima burung Adalah nama MANdau yang memang sakti,,yg bisa trbang sndri.Mandau ini d gunakan saat tertentu dan trdesak saja,,,mandau ini yg memiliki suku pdlaman klmntan…

Sekedar info aja…..

Kalimantan,,,adalah pulau yg suku aslix mempunyai benda2 magic…Saya pernah berbisnis barang2 bgtu,,sperti Rantai babi,Bulu perindu,Piring anti pedas,,dan msih bnyak lainx…
Yg coment namax ARSENIUS kpan2 kita ktmu,,,klo mank drimu orang dayak…sekarang aku kerja di indomuro,kelteng tepatnya di kampung JUKING.Dua jam dri Purukcahu..

Ada sebuah riwayat tentang panglima burung yg baru saja saya dapatkan dr seseorang keturunan raja (secara spiritual bs dibilang dpt titisan ilmu panglima burung). Panglima burung adalah anak seorang pendeta hindu yg sangat sakti yg diutus raja mulawarman utk membantu seorang raja jawa (kerajaan jawa kuno di abad kira2 6-8) yg sangat berpengaruh saat itu dr pemberontakan oleh para patih dan punggawa2nya yg sakti2. Raja dan keluarganya sudah terdesak dan bersembunyi di hutan. Ia teringat dg sahabatnya raja kalimantan, maka ia mengirim burung utk menyampaikan kabar memohon bantuan. Raja kalimantan mengutus pendeta hindu dan anaknya yg sangat sakti. Pendeta hindu langsung masuk goa dan bertapa, sementara anaknya mengumpulkan daun dan seorag diri menuju istana raja jawa yg sudah dikuasai pemberontak. Daun2 itu langsung terbang dan membunuh seluruh pemberontak ibarat senjata yg sangat tajam. Raja jawa dan keluarganya berhasil diselamatkan, hanya saja permaisurinya terbunuh. Pendeta itu pulang ke kampung hlamannya sementara anaknya menetap dan mengajarkan putri raja jawa sejunlah ilmu beladiri. Dan konon putri raja itu akhirnya menjadi sangat sakti dan disegani oleh raja2 di seluruh nusantara. Putri itu jatuh cinta pada gurunya. Namun, krn pemuda itu sudah beristri, ia memutuskan utk balik ke kalimantan dan beliau menguasai ilmu yg sangat tinggi yg skrg dikenal dg nama Panglima Burung. Putri raja itu patah hati, namun pemuda itu sempat bersumpah kalau keturunan mereka nantinya akan bersahabat, krn meski mereka tidak bisa menikah, sesungguhnya hati mereka tetap bersatu. Dan saya adalah keturunan putri itu. Dan ternyata memang benar, kami berteman dekat. Kisah ini br diceritakan 3 malam lalu. Saya sempat kaget dan meyakini kalau takdir memang mempertemukan kami, seperti janji leluhur2 kami itu.

Aah, jelas rekayasa.. saya bisa langsung menebaknya. sebab gambarnya saja sudah tidak asli, dapat dilihat jelas ketajaman yg memudar pada wajah

o iya, lihat tanaman di belakangnya.. ada yg aneh ga sih ?? sisa kanan & kiri cuma dijiplak, hahah ga mutu yg rekayasa

saya keturunan dayak, kami keturunan panglima ne’ singa… tolong fhoto panglima burung yang di muat di tiadakan karena itu telah menyinggung, dan merusak citra dari kami suku dayak kanayan’t kalimantan barat. terima kasih…

Saya orang banjar kalimantan selatan, tlG anda jgn pasang smbarangn ttg foto panglima burung yang hanya rekayasa, sebab itu dapat merusak citra saudara kami ( suku dayak ).

Saya dari Kal-Tim asli Dayak.
Kalau mau tau ttg Pangkalima(bukan Panglima) Burung, saya punya kisah, Om saya dan rekan2nya, ikut dlm kerusuhan di Kal-Teng(maaf bukan brmaksud mengungkit), ketika itu 2 hari Kal-Teng di kuasai, tpi hari ke 3 baru aman stelah Pangkalima hadir.. Mengapa namanya Pangkalima, krna mrka ada lima..
Teratas, Pangka lima Elang, Pangka lima Burung, Pangka lima Kumbang, Pangka lima Api, Pangka lima Angin.. Dan masing2 punya ksaktian, Pangka lima Elang itu memang rupanya burung Elang tapi bisa brkomunikasi dgn para Pangka lima dgn Bahasa burung.. Pangka lima hanya keluar jika di panggil, kita bisa saja brsahabat dgn para Pangka Lima, tpi akn sangat sulit untuk bisa melihatnya kcuali Anda mncapai ilmu hitam pada tingkat trtentu..
Pangka lima Burung itu seorang perempuan, tpi bsa brubah ujud mnjadi apa saja, dgn usia sudah lebih dari 2 abad, dia adalah seorang manusia yg menjelma mnjadi iblis, krna tingkat ilmunya sudah lebih dari siapapun, artinya setara dgn roh halus. Beliau akn keluar apabila di panggil, dan sifatnya kerusuhan antar suku(khususnya Dayak), makanya jaman pnjajahan beliau tdk keluar. Kalau saya ceritakn semua di sini, laman ini tdk akn cukup untuk menampungnya..
Kalau mau tau lbih lanjut hubungi saya di FB dgn nama akun Jack Travolta (email : Jack_trav25@yahoo.co.id). Trims.

Saya dari Kal-Tim asli Dayak.
Kalau mau tau ttg Pangkalima(bukan Panglima) Burung saya bsa bantu. Mengapa namanya Pangkalima, krna mrka ada lima..
Teratas, Pangka lima Elang, Pangka lima Burung, Pangka lima Kumbang, Pangka lima Api, Pangka lima Angin.. Dan masing2 punya ksaktian, Pangka lima Elang itu memang rupanya burung Elang tapi bisa brkomunikasi dgn para Pangka lima dgn Bahasa burung.. Pangka lima hanya keluar jika di panggil, kita bisa saja brsahabat dgn para Pangka Lima, tpi akn sangat sulit untuk bisa melihatnya kcuali Anda mncapai ilmu hitam pada tingkat trtentu..
Pangka lima Burung itu seorang perempuan, tpi bsa brubah ujud mnjadi apa saja, dgn usia sudah lebih dari 2 abad, dia adalah seorang manusia yg menjelma mnjadi iblis, krna tingkat ilmunya sudah lebih dari siapapun, artinya setara dgn roh halus. Beliau akn keluar apabila di panggil, dan sifatnya kerusuhan antar suku(khususnya Dayak), makanya jaman pnjajahan beliau tdk keluar. Kalau saya ceritakn semua di sini, laman ini tdk akn cukup untuk menampungnya..
Kalau mau tau lbih lanjut hubungi saya di FB dgn nama akun Jack Travolta (email : Jack_trav25@yahoo.co.id). Trims.

Saya dari Kal-Tim asli Dayak.
Kalau mau tau ttg Pangkalima(bukan Panglima) Burung saya bsa bantu. Mengapa namanya Pangkalima, krna mrka ada lima..
Teratas, Pangka lima Elang, Pangka lima Burung, Pangka lima Kumbang, Pangka lima Api, Pangka lima Angin.. Dan masing2 punya ksaktian, Pangka lima Elang itu memang rupanya burung Elang tapi bisa brkomunikasi dgn para Pangka lima dgn Bahasa burung.. Pangka lima hanya keluar jika di panggil, kita bisa saja brsahabat dgn para Pangka Lima, tpi akn sangat sulit untuk bisa melihatnya kcuali Anda mncapai ilmu hitam pada tingkat trtentu..
Pangka lima Burung itu seorang perempuan, tpi bsa brubah ujud mnjadi apa saja, dgn usia sudah lebih dari 2 abad, dia adalah seorang manusia yg menjelma mnjadi iblis, krna tingkat ilmunya sudah lebih dari siapapun, artinya setara dgn roh halus. Beliau akn keluar apabila di panggil, dan sifatnya kerusuhan antar suku(khususnya Dayak), makanya jaman pnjajahan beliau tdk keluar.
Kalau mau tau lbih lanjut hubungi saya di FB dgn nama akun Jack Travolta (email : Jack_trav25@yahoo.co.id). Trims.

Saya dari Kal-Tim asli Dayak.
Kalau mau tau ttg Pangkalima(bukan Panglima) Burung saya bsa bantu. Mengapa namanya Pangkalima, krna mrka ada lima..
Dan masing2 punya ksaktian, kita bisa saja brsahabat dgn para Pangka Lima, tpi akn sangat sulit untuk bisa melihatnya kcuali Anda mncapai ilmu hitam pada tingkat trtentu..
Pangka lima Burung itu seorang manusia yg menjelma mnjadi iblis, krna tingkat ilmunya sudah lebih dari siapapun,(setara iblis). Beliau akn keluar apabila di panggil, dan sifatnya kerusuhan antar suku(khususnya Dayak), makanya jaman pnjajahan beliau tdk keluar.
Kalau mau tau lbih lanjut hubungi saya di FB dgn nama akun Jack Travolta (email : Jack_trav25@yahoo.co.id). Trims.

Saya dari Kal-Tim asli Dayak.
Kalau mau tau ttg Pangkalima(bukan Panglima) Burung saya bsa bantu. Mengapa namanya Pangkalima, krna mrka ada lima..
Pangka lima Burung itu seorang manusia yg menjelma mnjadi iblis, krna tingkat ilmunya sudah lebih dari siapapun,(setara iblis). Beliau akn keluar apabila di panggil, dan sifatnya kerusuhan antar suku(khususnya Dayak), makanya jaman pnjajahan beliau tdk keluar.
Kalau mau tau lbih lanjut hubungi saya di FB dgn nama akun Jack Travolta (email : Jack_trav25@yahoo.co.id). Trims.

Saya dari Kal-Tim asli Dayak.
Kalau mau tau ttg Pangkalima(bukan Panglima) Burung saya bsa bantu. Mengapa namanya Pangkalima, krna mrka ada lima..
Pangka lima Burung itu seorang manusia yg menjelma mnjadi iblis.
Kalau mau tau lbih lanjut hubungi saya di FB dgn nama akun Jack Travolta (email : Jack_trav25@yahoo.co.id). Trims.

Saya dari Kal-Tim asli Dayak.
Kalau mau tau ttg Pangkalima(bukan Panglima) Burung saya bsa bantu.
Pangka lima Burung itu seorang manusia yg menjelma mnjadi iblis.
Kalau mau tau lbih lanjut hubungi saya di FB dgn nama akun Jack Travolta (email : Jack_trav25@yahoo.co.id). Trims.

Saya Dayak asli Kalimantan.
Kalau mau tau ttg Pangkalima(bukan Panglima) Burung saya bsa bantu.
Hubungi saya di FB dgn nama akun Jack Travolta (email : Jack_trav25@yahoo.co.id). Trims.

Saya Dayak asli Kalimantan.
Kalau mau tau ttg Pangkalima(bukan Panglima) Burung saya bsa bantu.
Hubungi saya di FB, email : Jack_trav25@yahoo.co.id. Trims.

Aq orng surabaya,aq jg gk prcy kl tuch foto nyata

gue juga gtu sih..! 1/2 prcya 1/2 tdak..

je menampa gambar pangkalima burung tuh, tau kana kapek bue…..kareh…

Sya orng kalbar.,(ketapang,,,,)
Sy org melayu,biar pun sy bkn DAYAK tp sy merasa
Kecewa,,,krna,” DULOR”(saudara) kmi ,di bwt wajahnya
Mcam gitu,!!!kmi mhon tak usah percya dgn foto yg tdk
Jelas asal ny. ,,,,!!!!!
!

Salam kenal buat org dayak semua.banyak suku diindonesia, tapi sangat suka dengan suku org dayak..bahkan sy kalo dekat pengen jadi teman sama org dayak..masalah foto itu harusnya jngan terlalu dibahas sebb bisa menimbulkan hal yg negative..bagi masyarakat dayak yg baca komen ini..bisa menghubungi dinomer sy 085743768778.siapa tahu diantara kita menjadi teman dan jadi saudara..niat sy cuma itu..dan semoga bisa menjadi teman bisnis untuk membangun bangsa ini.bangsa indonesia.trims

Ma’af, saya orang jawa, dan saya belum pernah bergaul dengan orang dayak, dan saya hanya mendengar hal-hal hebat dari saudaraku suku dayak,Semoga Tuhan kelak menakdirkan saya untuk bisa merasakan dengan saudaraku suku dayak dipedalaman. Untuk Foto tersebut diatas,sungguh saya tidak mengerti, namun hormat saya untuk panglima burung sangat besar. karena beliau memang ramah dan luar biasa….. Salam untuk saudaraku suku dayak semua

tu ada dan asli
saya org medan udh pernah ktmu ama org dayak punan & panglima burung
adanya di daerah samarinda – sampit

ap yang edit nie foto gituan paglima burung tu sosok yang perkasa jangan di remehkan dan org yg d edit kan asli dayak dan lagi pula nga sejelek tu foto editan untung panglima burung tu sosok yg sabar kalau nga da hilang tu pala loe

56 irwan m, tangerang banten
panglima burung adalah sosok yg asli, dn dia tidak sprti kita orang yg mnonor’kn wjah y pda s’mua orng… v dia hdup y sllu m’nyendiri tnpa kthu’an orng2,, v panglima sneng tinggal d’dlam hutan yg trampak sepii…….

Manaau Sempuut@, Confirm Saya di facebook anda..
saya ingin tau kisah PangkaLima burung yg sebenarnya..

salam semua x,.terlbih dl saya mnta maaf,..saya orang kalimantan,keturunan suku dayak juga gitu,..saya mnghormati atas pendapat saudara/ri semua,..tapi jangan asal ngomong az,..ktemu az gak pernah ngomong x sdah slangit,ap lg ikut brperang sama beliau, mk x,.. klau mau ngomong jngan mngada 2 deh,…nambahin dosa az,..koreksi diri kita msing2 az dl,sempurna gak,..salam,….

saya roby (kalteng)dan skrg lgi di jateng.fto di ats emank rekayasa akan tetapi mnrt saya jgn trlalau di bhs krna bsa brdampak ngttif..saya stju dn adetriani,,,,,pangkalimab burung memank ada akan tetapi belian adalh gaib…dan sekrg begitu byk deskripsi mngenai Beliau,sehingga tidak bisa di pastikan sosoknya…yg asli……

Ini foto rekayasa. Membawa2 nama panglima burung. Muka beliau tidaklah seperti ini. Ini bisa kenA adat. Pertama salah basa, mengenai muka beliau, yg kedua merekayasa badan atau tubuh suku Iban. Sebab dari tatoo menunjukan makna dan asal seseorang. Memang panglima burung adalah iban, namanya burung mansau. Namun tubuh dan muka yg di rekayasa begituu adalah bukan sosok beliau. Kalau kalian ingiin bukti。 panglima burung, datang saja ke Meliau, kab. Sanggau Kalbar. Disitu asal perjuangan beliau. Dan disitu keluarga beliau masih hidup. Jangan banyak cerita pembenaran tanpa turun lapangan. Beliau udah meninggal dan di kubur di Taman Makam Pahlawan, karena jasa beliau melawan jepang di kampung kunyil meliau. Fotonya kalau mau diliat di buku Majang Desa. Disitu tampak wajah para panglima dayak.

Nah panglima burung punya murid yg tersebar di seluruh Kalimantan, nah merekalah yg sering mengaku panglima burung.

Kampung beliau di Meliau tepatnya kampung kunyil. Datang aja ke pontianak, dari pontianak ke tayan dan ke meliau anda pasti dapat info akurat yg bisa dibuktikan.

ini memang bearkah fhoto panglima burung

hy….teman2 yg ada d seluruh tanah air indonesia. Sebenarnya Panglima Burung itu yg asli ada d kota meliau tepat y d kec.meliau kab.sanggau “KALBAR” nama asli beliau yaitu Pangsuma karena dari pihak pemerintah telah membuat k tugu untuk mengenang jasa2 beliau yg telah membela tanah air indonesia khusus y d wilayah Kalbar d kota meliau dari para penjajah yg ingin merebut NKRI akan tetapi beliau sudah wafat lama sex karena sakit maklum beliau sudah tua karna sehebat-hebat y manusia pasti akan mati juga sebab manusia itu tidak ada yg kekal & abadi kecuali TUHAN namun roh beliau sering datang di saat hari pahlawan. ciri2 beliau datang yaitu tiba2 ada angin kencang d sekitar makam kemudian beliau muncul tiba2 seperti angin berpakaian serba hitam & d da2nya ada tato gambar burung wajah beliau pun sama seperti d buku majang desa padahal ketika kami kerjabakti d sekitar makam tidak ada orang yg dtang walaupun lokasi taman makam pahlawan d tepi jalan raya/bundaran tugu pangsuma & cuaca pun cerah & kami pun terkejut sex sewaktu membersihkan makam para pahlawan/pejuang dari meliau kemudian kami menanyak k kebenaran yg kami saksikan k k narasumber yg ada d kota meliau baik dari kep Desa,Rt/Rw,warga & org2 tua jaman baholo termaksuk keturunan2 beliau & pihak2 instalasi pemerintah yg ada d meliau rata2 jawaban y y begitu l nak panglima burung atau nama asli y Pangsuma yg asli itu y ada d meliau yg adik2 lihat sendiri makam y walau pun jasad beliau sudah mati akan tetapi roh beliau msih hidup untuk panglima burung yg ada d wilayah2 lain seperti kalteng,kaltim,kalsel itu sebenar y adalah keturunan beliau yaitu ada 5orang….trim’s.-

Maaf sebelum nya….memang ini rekayasa…kalu memang pangkalima burung..dia tdk mungkin mau di foto…

meski saya bukan orang dayak,saya mengagumi sosok panglima burung,beliau memang pejuang sejati..saya mendengarkanya dari info info artikel,salam sahabat untuk orang dayak,saya orang jawa…

Biar kapanpun kalian ngk bisa liat foto panglima burung, dia itu kan cumen seperti makhluk halus. Dia itu ada kalo ada kita dayak ini ada perang baru dia tu ada, soalx dia tau darahx orang dayak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: